Total Tayangan Laman

Jumat, 21 Oktober 2011

Setelah lulus, mau pilih Jurusan Apa?

Dilema anak SMA kelas 3 selain menghadapi UAN mereka juga harus mempersiapkan diri untuk melangkah ke jenjang Perguruan Tinggi, tetapi banyak sekali mereka yang jika di tanya

                 "Mau masuk jurusan apa nanti, di universitas mana?"
                  "Belum tau tuh, di pikirin nanti-nanti aj"

Banyak dari mereka yang menyepelekan hal tersebut, tetapi alangkah baiknya jika jurusan dan universitas yang anda pilih untuk kedepannya haruslah dipikirkan sejak kelas 2SMA.

Untuk pilihan Universitas, kita bisa sesuaikan dengan kemampuan budget masing-masing, Masuk PTN or PTS, terserah saja..?
Hanya saja Universitas Negeri lebih di minati oleh banyak kalangan masyarakat dengan peninjauan biaya yang lebih murah dari Perguruan Tinggi Swasta, dan lebih bagus dari sisi kualitas pendidikannya. Tapi ada hal yang tidak bisa di benarkan, kualitas pendidikan di tunjukkan dengan pengakreditasian oleh BAN PT, jadi Universitas Swasta juga tidak melulu buruk kualitas pendidikannya.

Selanjutnya, Mau pilih jurusan apa?

Saya menyarankan untuk anda agar memilih jurusan yang jarang peminatnya, karena dengan begitu saingan dalam mencari pekerjaan dapat lebih di tekan
         
Untuk lulusan IPA bisa memilih Jurusan Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Geodesi, Dokter Gigi
Untuk lulusan IPS bisa memilih jurusan Arsitektur Lansekap dan Teknik Perencanaan Wilayah &  Kota
Untuk lulusan STM bisa memilih jurusan Teknik Elektro

Jurusan yang saya sebutkan di atas adalah jurusan yang sekiranya jarang diminati tetapi sebenarnya sangat di butuhkan,
Contohnya Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota atau di singkat Teknik Planologi. Jurusan ini mempelajari bagaimana cara merencanakan suatu kawasan dengan baik dari segi sosial, ekologi, ekonomi, hukum,.dll. Lihatlah kota Jakarta yang sudah buruk rupa ini, penghijauan yang semakin tipis, mall-mall yang sudah banyak sekali jumlahnya, kemacetan, banyaknya rumah kumuh & liar,dll. Kejadian ini tidak akan terjadi kalau di tangani seorang Planner yang handal. Jika masalah ini di tangani oleh lulusan Arsitektur atau Teknik Sipil tentu saja kurang maksimal, memang sih ilmu Perencanaan mereka pelajari juga, hanya saja tidak terlalu mendalam.

lapangan pekerjaannya pun luas, bisa bekerja di berbagai sektor, untuk sektor pemerintahan lulusan Teknik Planologi bisa bekerja di Dep.Pekerjaan Umum, Bakosutarnal, Deperindag, Pemda DKI, Badan Pertanahan Nasional, Dep.Kehutanan, bisa jadi Bupati, Walikota, dll
di sektor swasta bisa pekerja sebagai kontraktor, konsultan, bekerja di bank sebagai Analyst,dll
(untuk jurusan ini saya sarankan untuk mengambil jurusan ini di Univ.ITB, dan Trisakti)

Kesimpulannya, jangan memilih jurusan yang umum, atau sudah banyak di ambil orang, seperti Ekonomi, Hukum, IT, SI, Kedokteran, Teknik Industri, Perminyakan, Tambang, Geologi, jurusan-jurusan tersebut, sudah banjir peminatnya, dan lulusannya. Pikirkan saja seberapa besar usaha persaingan dalam mencari pekerjaannya..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar